INKLUSIF
Community for Islam, Diversity, and Equality - CIDEQ


Kesenjangan ekonomi, sosial dan politik kini menjadi masalah global. Indonesia  yang sedang melakukan perubahan dan pembangunan menghadapi problem yang sama. Bersamaan dengan itu pluralitas agama, etnis, tradisi dan dan asal-usul menjadi salah satu sumber penting bagi disharmoni dan konflik yang pada ujungnya menimbulkan ketidakadilan, kesenjangan dan seringkali kekerasan. Selama rentang sepuluh tahun terakhir di Indonesia, muncul berbagai aksi fisik seperti kekerasan, pengusiran, dan penutupan paksa terhadap kelompok aliran atau tempat ibadah minoritas tertentu. Hal itu terutama berupa pembatasan, pelarangan terhadap kelompok, keyakinan, sekte, atau aliran tertentu. Hal tersebut menjadikan kelompok minoritas dan rentan terpinggirkan dan mengalami kesulitan untuk memperoleh akses pelayanan publik, serta terdiskriminasi.

Oleh karena itu, perlu suatu usaha yang sistemantis dan berkelanjutan berupa kelembagaan yang mampu menginvestigasi, merawat, dan mendorong proses inklusi dan perubahan-perubahan ke arah terbentuknya kesetaraan sosial dengan berangkat dari pontensi yang ada di dalam masyarakat. Lembaga INKLUSIF dibangun sebagai sebuah komunitas yang diinspirasi oleh nilai-nilai Islam dan keindonesiaan serta kebinekaan dalam berbagai aras konseptual dan praksis.

 

visi:
Mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, setara, dan bineka

 

Misi:

  1. Melakukan pendidikan kepada masyarakat formal maupun informal dan nonformal tentang persamaan sebagai realisasi atas Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, serta pesan Agama Islam.
  2. Melakukan penyadaran, dampingan, serta forum publik untuk tercapainya masyarakat yang setara, adil, dan merata.
  3. Membentuk kader-kader sosial kemasyarakatan yang mampu melalukan pendidikan dan pengembangan masyarakat secara luas untuk tujuan tersebut.
  4. Melakukan penelitian, diseminasi gagasan, dan penerbitan.

 

Tujuan:

  1. Berkontribusi pada produksi refleksi kritis dan praksis untuk menciptakan sumber-sumber dalam pengelolaan kebinekaan dan religiusitas di wilayah publik.
  2. Membangun kapasitas masyarakat akar rumput, seperti para pemuda, tokoh masyarakat, pendidik, dan aktivis dalam mempromosikan pemahaman kebinekaan dan kesetaraan dalam level lokal dan nasional.
  3. Memberikan pendidikan dan penyadaran masyarakat tentang inklusi sosial dan kebinekaan.

 

Susunan Pendiri dan Pengurus Yayasan:

DEWAN PEMBINA : Ahmad Suaedy
KETUA : Budi Hernawan
PENGAWAS    
Ketua
Bendahara
Sekretaris
:
:
:
Muhammad Subhi
Alamsyah
Gamal Ferdhi
PENGURUS    
Ketua
Wakil
Bendahara
Sekretaris
:
:
:
:
Libasut Taqwa
Nur Laeliyatul Masruroh
Darningsih
Moh Nurul Huda

 

 

PELAKSANA HARIAN:

Direktur Eksekutif: Muhammad Subhi Azhari

Program: Gamal Ferdhi, Moh. Hafidz Ghozali, Nur Laeliyatul Masruroh

Keuangan: Darningsih