Buku  ini adalah hasil dari penelitian yang dilaksanakan oleh AWC-UI dan jaringan pada masa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Riset itu sendiri telah selesai beberapa bulan setelah Pilpres. Namun, di samping karena keterbatasan sumberdaya, ada kesengajaan untuk menunda penerbitan ini karena penelitian ini tentang relawan Jokowi-JK dalam pemenangan Pilpres tersebut.

Selama beberapa saat bahkan setahun lebih terjadi euforia dari keberhasilan memenangkan pasangan dari relawan. Sementara itu, banyak penerbitan baik oleh media, media sosial maupun buku tentang itu. Maka menunda barangkali lebih baik untuk sedikit mengambil jarak dan memantau lebih jauh dan jika mungkin mengambil posisi sedikit kritis. Dengan penerbitan buku ini barangkali bisa memberikan dorongan untuk refleksi demi menyongsong ke depan.

Narasi dalam buku ini diangkat dari penelitian AWC di berbagai daerah, di antaranya, Jawa Timur, Aceh atau NAD (Nangroe Aceh Darussalam), Jawa Tengah dan DIY, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, serta beberapa daerah yang tidak secara khusus ditulis sebagai paper tersendiri, yaitu di antaranya NTB dan Papua, dan sebagainya.